Rabu, 02 Juli 2014

Macam Web Browser

MACAM-MACAM WEB BROWSER (SEARCH ENGINE)


Dalam penggunaan internet, kita selalu menggunakan penghubung salah satu jenisnya adalah web browser atau search engine. Web browser yang kita kenal antara lain google, mozila firefox. Tapi kalian tahu tidak kalau ternyata ada web browser yang lain?
Berikut ini adalah beberapa macam Web Browser yang dapat digunakan untuk mencari informasi di Internet.

          A.       Google
Google didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin ketika mereka masih mahasiswa di Universitas Stanford dan perusahaan ini merupakan perusahaan saham pribadi pada 7 September 1998. Penawaran umum perdananya dimulai pada tanggal 19 Agustus 2004, mengumpulkan dana $1,67 milyar, menjadikannya bernilai $23 milyar. Melalui berbagai jenis pengembangan produk baru, pengambil alihan dan mitra, perusahaan ini telah memperluas bisnis pencarian dan iklan awalnya hingga ke area lainnya, termasuk email berbasis web, pemetaan online, produktivitas perusahaan, dan bertukar video.
B.     Chrome
Chrome disebut-sebut sebagai browser minimalis dengan loading halaman Web yang cepat. Chrome adalah sebuah program open source yang dibuat oleh Google. Browser ini menyediakan tab browsing yang kompatibel untuk siapa saja baik Windows, Linux maupun sistem operasi Mac.
Chrome memperkenalkan Omnibox, yang memungkinkan pengguna untuk mencari langsung dari address baratau memasukkan alamat seperti biasa. Chrome memiliki Web storesendiri yang memungkinkan pengguna untuk meng-install add-onsMozillaextensions dan games. Kebanyakan dari add-ons ini gratis walaupun tidak semuanya.

      C.    Mozilla Firefox



 Firefox, merupakan browser yang dibuat oleh 
Mozilla, browser ini memungkinkan pengguna untuk meng-install add-ons untuk menambah fungsionalitas browser. Sebagai contoh, pengguna dapat meng-install extensions yang secara proaktif memblokir iklan di situs. Firefox juga dapat disesuaikan dengan tema dan setting yang berbeda. Browser ini dapat digunakan pada sistem operasi Windows, Linux, Mac dan beberapa jenis smartphone.

D.    Opera

Browser yang dibuat oleh Opera Software ini menawarkan fitur Speed Dial yang menunjukkan pengguna sembilan teratas situs favorit dalam format thumbnail-nya. Pengguna dapat menyesuaikan daftar ini setiap saat. Opera dilengkapi dengan beberapa built-in tools seperti BitTorrent client dan Really Simple Syndication reader. Opera tersedia untuk di-download oleh perangkat Windows, Linux, Mac dan beberapa sistem operasi pada smartphone.

E.     Safari

Browser Safari merupakan browser pra-installdalam Mac, ia juga merupakan browser default pada produk iPad, iPhone dan iPod. Browser ini juga dapat di-install pada komputer dengan sistem operasi Windows. Safari merupakan browser minimalis dengan private browsing dan password management.

F.     Internet Explorer
Internet Explorer adalah browser dari Microsoft yang hadir dengan versi pra-install pada di mana sudah tertanam secara *built-in pada komputer dengan sistem operasi Windows, sehingga kebanyakan komputer sudah memilikinya.
Kebanyakan situs dirancang dan kompatibel dengan Internet Explorer. Internet Explorer 9 merupakan versi terbaru dari browser ini, yang mana memuat banyak perbaikan performa serta akselerasihardware. Internet Explorer 9 memiliki gabungan dari fitur search danaddress bar. Internet Explorer 9 juga memiliki fitur private browsing di mana cookie tidak disimpan.

        G.  Live Search
Pengembangan yang terus dilakukan oleh Microsoft menghasilkan keputusan untuk memisahkan mesin pencari dengan Windows Live. Pada akhirnya Microsoft mengubah nama mesin pencarinya menjadiLive Search, yang kemudian dikonsolidasikan dengan Microsoft adCenter. Reorganisasi yang dilakukan ini, menimbulkan banyak perubahan dalam kebijakan, misalnya menghentikan beberapa produk seperti Windows Live Expo, Live Search Macros, dan sebagainya.

Perubahan yang terus dilakukan Microsoft ini ternyata belum membuahkan hasil. Microsoft menyadari bahwa penggunaan brand name untuk produk mesin pencari sangatlah penting. Akhirnya untuk menciptakan indentitas baru, Microsoft menghadirkan suatu mesin pencari baru pada tanggal 3 Juni 2009, yang diberi nama Bing, kepada seluruh pengguna Internet di dunia.
      H.    MSN
Mesin pencari dari Microsoft Network ini menawarkan pencarian baik dengan kata kunci maupun dari direktori. Pemakai Internet Explorer kemungkinan besar sudah pernah menggunakan mesinpencari ini. Situs Searchenginewatch mencatat MSN sebagai mesin pencari ketiga populer setelah Google dan Yahoo! Tak ada pencarian image, atau news. Menyediakan pencarian peta, yellow pages, white pages, pencarian pekerjaan, rumah. 


      I.      Yahoo
Salah satu portal terbesar di Internet, selain MSN., dan juga salah satu mesin pencaru tertua. Halaman utamanya sendiri tidak terlalu ramah untuk pencarian, tetapi Yahoo! menyediakan search.yahoo.com untuk itu. Yahoo! menggunakan jasa Google untuk mencari informasi di web, ditambah dengan informasi dari databasenya sendiri. Kelebihan Yahoo! adalah direktorinya. Yahoo! juga menyediakan pencarian yellow pages dan peta, yang masih terbatas pada Amerika Serikat. Yahoo juga menyediakan pencarian gambar.
        J.      Alltheweb
Keunggulan Alltheweb adalah pencarian file pada FTP Server. Tidak seperti web, FTP adalah teknologi internet yang ditujukan untuk menyimpan dan mendistribusikan file, biasanya program, audio atau video. Web sebenarnya lebih ditujukan untuk teks. Sejauh ini, hanya AllTheWeb yang menyediakan jasa pencarian file.  

         K.    AskJeeves
Situs mesin pencari yang satu ini mengunggulkan kemampuannya untuk memahami bahasa manusia. Pengguna bisa menggunakan kalimat lengkap, bukan kata kunci. Situs ini berguna untuk mengetahui jawaban dari pertanyaan(misal: when did world war II end?)

L.      AltaVista
Satu saat, AltaVista pernah menjadi mesin pencari terbesar. Saat ini, selain Alltheweb, Altavista juga menawarkan pencarian audio dan video. Keunggulan AltaVista adalah pilihan pencarian yang paling lengkap di antara semua mesin pencari.

M.   Lycos
Salah satu mesin pencari tertua. Saat ini Lycos lebih dikenal sebagai portal, sehingga fungsi pencarinya tidak terlalu menonjol. Lycos, selain mendukung pencarian web, juga menyediakan pencarian file MP3, dan video pada http://multimedia.lycos.com


N.    Web crawl
Web crawler adalah suatu program atau script otomatis yang relatif simple, yang menggunakan metode tertentu untuk melakukan scan atau “crawl” ke semua halaman-halaman Internet untuk membuat index dari data yang dicarinya. Sebutan/julukan lain untuk web crawl adalah web spider, web robot, bot, crawl dan automatic indexer.

Web crawl dapat digunakan untuk beragam tujuan. Penggunaan yang paling umum adalah yang terkait  atau berhubungan langsung dengan search engine. Search engine menggunakan web crawl untuk mengumpulkan informasi mengenai apa yang ada di halaman-halaman web publik. Tujuan utamanya adalah mengumpukan data sehingga ketika pengguna Internet mengetikkan kata pencarian di komputernya, search engine dapat dengan segera menampilkan web site yang relevan dan sesuai dengan yang dicari.
Ketika web crawl search engine mengunjungi halaman web, ia “membaca” teks yang terlihat, hyperlink, dan konten berbagai tag yang digunakan dalam situs seperti meta tag yang banyak berisi keyword. Berdasar kaninformasi yang dikumpulkan web crawl, search engine akan menentukan situs dan mengindex informasinya. Website tersebut kemudian dimasukkan ke dalam database search engine dan dilakukan proses penentuan ranking setiap halamannya.
Search engine bukanlah satu-satunya pengguna web crawl. Linguist bisa menggunakan web crawl untuk melakukan analisis tekstual; yaitu, mereka bisa menyisir Internet untuk menentukan kata apa yang paling umum digunakan hari ini (keyword populer). Peneliti pasar dapat menggunakan web crawl untuk menentukan dan memanipulasi trend pada suatu pasar tertentu. Ini semua merupakan contoh beragam penggunaan web crawl. Web crawl dapat digunakan oleh siapapun yang melakukan pencarian informasi di Internet.
Web crawl beroperasi hanya sekali, misalnya untuk suatu projek yang hanya sekali jalan, atau jika tujuannya untuk jangka panjang seperti pada kasus search engine, mereka bisa diprogram untuk menyisir Internet secara periodik untuk menentukan apakah sudah berlangsung perubahan  yang signifikan. Jika suatu situs mengalami trafik sangat padat atau kesulitan teknis, spider atau crawl dapat diprogram untuk mencatat hal ini dan mengunjunginya kembali setelah kesulitan teknis itu terselesaikan dan dilakukan pembenahan serta perbaikan.

O.    Looksmart
Looksmart bukanlah search engine, tapi mempunyai pengaruh besar juga dalam pencarian data di internet. Directori ini berbagi database yang sudah dibuatkan kategorinya berupa link dengan MSN, Home.net, CNN, dan Time Warner. Situs ini merupakan yang termasuk berbayar, untuk itu jika anda mempunyai uang,daftarkan juga ke sini.

Ternyata banyak kan web browser yang ada . . selain yang telah disebut di atas masih ada jigu beberapa web browser seperti Konqueror, Wisenut, Netscape Navigator, OmniWeb, Maxthon, Shiira, SeaMonkey, K-Meleon, Galeon, Camino, Sputnik, NetSurf , Flock, Conkeror, Epiphany, AOL Explorer, Avant, iCab.
Sekian untuk informasi tentang web browser. . Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar